Thursday, 28 January 2016

Teori - Teori Belajar

Teori-teori Belajar
Prestasi belajar merupakan hasil yang dicapai dalam kegiatan pembelajaran. Untuk membantu mencapai prestasi belajar yang maksimal maka perlu mengetahui dan memahami teori-teori belajar. Dengan memahami kelebihan dan kelemahan teori-teori belajar diharapkan dapat membantu dalam mengupayakan apa yang seharusnya dilakukan dalam kegiatan belajar.
Teori-teori belajar yang dimaksud adalah sebagai berikut:
1) Teori Belajar Menurut Ilmu Jiwa Daya
Ahli-ahli ilmu jiwa daya mengemukakan suatu teori bahwa jiwa manusia mempunyai daya-daya. Daya-daya ini adalah kekuatan yang tersedia. Manusia hanya memanfaatkan semua daya itu dengan cara melatihnya sehingga ketajamannya dirasakan ketika dipergunakan untuk semua hal. Daya-daya itu misalnya daya mengenal, daya mengingat, daya berpikir, daya fantasi. (Syaiful Bahri Djamarah, 2003 : 17).
Berdasarkan teori ini dalam belajar harus melatih semua daya yang dimiliki, misalnya daya ingat dan daya berpikir. Dengan daya-daya yang dimiliki, seseorang dapat tumbuh dan berkembang. Menurut pandangan teori ini ilmu pengetahuan yang diperoleh melalui belajar hanyalah bersifat hafalan saja.
2) Teori Tanggapan
Teori tanggapan berpandangan bahwa belajar adalah memasukkan kesan yang berupa ilmu pengetahuan dengan sebanyak-banyaknya, berulang-ulang, dan sejelas-jelasnya. Oleh karena itu orang yang dikategorikan pandai berdasarkan teori ini adalah orang yang mempunyai banyak kesan yaitu ilmu pengetahuan yang tersimpan di dalam otaknya.
Kelebihan dari teori ini adalah bahwa dalam belajar dibutuhkan pengetahuan sebanyak-banyaknya yang dipelajari secara berulang-ulang dan sejelas-jelasnya, hal ini menuntut seseorang untuk lebih rajin dan tekun belajar. Sedangkan kelemahannya adalah belajar bukan hanya memasukkan tanggapan atau kesan ke dalam otak yang sebanyak-banyaknya tetapi juga dibutuhkan pemahaman, sehingga pengetahuan yang dimiliki dapat diterapkan sebagaimana mestinya, selain itu pandai atau tidaknya seseorang bukan hanya ditentukan oleh banyak atau sedikitnya tanggapan yang ia miliki, tetapi juga ditentukan oleh kemampuan seseorang dalam memahami dan menerapkan pengetahuan yang ia miliki.
3) Teori Belajar Menurut Ilmu Jiwa Gestalt
Gestalt adalah sebuah teori belajar yang dikemukakan oleh Koffka dan Kohler dari Jerman. Menurut teori ini belajar secara keseluruhan lebih penting daripada mempelajari bagian demi bagian, karena di dalam keseluruhan sudah terdapat bagian-bagian. Jadi dalam belajar harus berusaha untuk menghubungkan suatu pelajaran dengan pelajaran yang lain, materi atau bahan pelajaran tidak dianggap terpisah melainkan suatu kesatuan yang saling berhubungan. Materi pelajaran yang baru harus dihubungkan dengan materi yang telah lama dikuasai sehingga didapatkan suatu keseluruhan, dengan demikian dapat diperoleh suatu pengertian yang utuh.
4) Teori Belajar dari R. Gagne
Teori ini berpandangan bahwa belajar merupakan suatu usaha untuk memperoleh perubahan secara keseluruhan baik dari segi pengetahuan, keterampilan, kebiasaan, dan tingkah laku.
5) Teori Belajar Menurut Ilmu Jiwa Asosiasi
Teori ilmu jiwa asosiasi disebut juga teori Sarbond (stimulus, respons, dan bond). Stimulus berarti rangsangan, respon berarti tanggapan, dan bond berarti dihubungkan. Rangsangan diciptakan untuk memunculkan tanggapan kemudian dihubungkan antara keduanya dan terjadilah asosiasi. (Syaiful Bahri Djamarah, 2003:23)
Dalam aliran ilmu jiwa asosiasi terdapat dua teori yaitu teori konektionisme dari Thorndike dan teori Conditioning dari Ivan P-Pavlov, untuk memahami mengenai kedua teori tersebut akan dijelaskan sebagai berikut :
a) Teori Konektionisme
Menurut teori ini belajar pada dasarnya adalah gabungan antara kesan panca indera dengan impuls untuk bertindak. Artinya adalah dalam belajar akan terbentuk hubungan antara rangsangan dan tanggapan, apabila rangsangan dan tanggapan tersebut sering dilatih maka akan terjadi hubungan yang erat.
Menurut Syaiful Bahri Djamarah (2003:25) kelemahan dari teori konektionisme adalah sebagai berikut:
1) ”Belajar bersifat mekanistis
2) Belajar bersifat teacher centered (terpusat pada guru)
3) Anak didik pasif
4) Mengutamakan materi”
Kelemahan dari teori konektionisme tersebut akan dijelaskan sebagai berikut:
1) Belajar bersifat mekanistis
Artinya adalah pengetahuan yang dimiliki oleh siswa banyak bersifat hafalan. Siswa hanya hafal bahan-bahan pelajaran tertentu tetapi kurang mengerti cara pemakaian atau penerapannya. Dengan demikian pengetahuan yang dimiliki siswa hanya sebatas hafalan semata, sehingga mereka tidak benar-benar mengerti dan memahami apa yang telah dipelajari karena siswa hanya berusaha untuk menghafal saja tanpa dilengkapi dengan pemahaman mengenai fungsi atau kegunaan dari pengetahuan yang mereka miliki.
2) Belajar bersifat teacher centered (terpusat pada guru) Kegiatan belajar mengajar di dalam kelas terpusat pada guru, artinya guru yang berperan aktif dalam proses pembelajaran. Guru berperan sebagai pembuat keputusan sehingga kurang memperhatikan pendapat siswa.
3) Anak didik pasif
Siswa cenderung bersikap pasif karena ia mengharapkan stimulus dari guru. Hal ini menyebabkan siswa kurang kreatif dalam mengembangkan pengetahuan yang dimiliki, siswa beranggapan bahwa guru adalah satu-satunya sumber belajar sehingga tidak berusaha untuk mencari sumber belajar lain.
4) Mengutamakan materi
Artinya dalam kegiatan pembelajaran lebih diutamakan pemberian materi yang banyak kepada siswa. Dengan pemberian materi yang banyak diharapkan siswa memiliki pengetahuan yang banyak pula. Padahal materi-materi pelajaran yang diberikan kepada siswa belum tentu dapat benar-benar dimengerti dan dipahami oleh siswa, sehingga terkadang pemberian materi tersebut terasa sia-sia bila tidak disertai dengan kemampuan siswa dalam mengerti, memahami, dan menerapkan pengetahuan yang telah dipelajari.
b) Teori Conditioning
Alex Sobur (2003:223) menyatakan ”Conditioning adalah suatu bentuk belajar yang kesanggupan untuk berespons terhadap stimulus tertentu dapat dipindahkan pada stimulus lain.”
Menurut Syaiful Bahri Djamarah (2002:27) kelemahan-kelemahan teori Conditioning apabila diterapkan dalam kegiatan belajar adalah sebagai berikut:
1) Percobaan dalam laboratorium berbeda dengan keadaan sebenarnya.
2) Pribadi seseorang (cita-cita, kesanggupan, minat, emosi, dan sebagainya) dapat mempengaruhi hasil eksperimen.
3) Respons mungkin dipengaruhi oleh stimulus yang tak dikenal. Dengan kata lain, tidak dapat diramalkan lebih dahulu, stimulus manakah yang menarik perhatian seseorang.
4) Teori ini sangat sederhana dan tidak memuaskan untuk menjelaskan segala seluk beluk belajar yang ternyata sangat kompleks.

filsafat Olahraga

Discovery adalah penyingkapan tentang suatu sifat baru dari suatu material atau benda yang sudah dikenal atau sebelumnya sudah ada secara alami.
•    Invensi (Invention) adalah penemuan berupa ide yang dituangkan ke dalam suatu kegiatan pemecahan masalah yang spesifik di bidang teknologi, yang dapat berupa proses atau hasil produksi atau penyempurnaan dan pengembangan proses atau hasil produksi. Invensi dapat dipatenkan, sedangkan discovery tidak.
•    Inovasi : “proses” dan/atau “hasil” pengembangan atau pemanfaatan/mobilisasi pengetahuan, keterampilan dan pengalaman untuk menciptakan (memperbaiki) produk (barang dan/atau jasa), proses, dan/atau sistem yang baru yang memberikan nilai (terutama ekonomi dan sosial) yang berarti (signifikan).
Inovasi adalah transformasi pengetahuan kepada produk, proses dan jasa baru; tindakan menggunakan sesuatu yang baru (Rosenfeld, 2002);

Secara singkat, perekembangan (development) adalah proses atau tahapan pertumbuhan ke arah yang lebih maju. Pertumbuhan sendiri (growth) berarti tahapan peningkatan sesuatu dalam hal jumlah, ukuran, dan arti pentingnya. Pertumbuhan juga dapat berarti sebuah tahapan perkembangan (a stage of development). (McLeod, 1989).

Contoh Inovasi
1. penemuan pesawat terbang yang ditemukan oleh bangsa Eropa pada abad ke-19, hasil inovasi tersebut telah menyebar ke berbagai negara, bahkan ke Indonesia.
2. berupa memperoleh berbagai peralatan yang serba modern secara lebih banyak dan lebih baik daripada yang sudah dipunyai, kondisi kehidupan yang lebih nyaman dan nikmat), dan memberikan jalan-jalan yang dapat memungkinkan dilaksanakannya usaha-usaha untuk memperbaiki kondisi- kondisi sosial dalam masyarakat.
3. pemasukkan traktor di pulau Bali, jika sekiranya traktor tersebar di pedesaan dan mekanisasi atau mesinisasi pertanian berjalan sebagaimana yang direncanakan, maka harus disediakan sarana-sarana antara lain, bahan bakar untuk traktor, spare parts, bengkel-bengkel, montir-montir dll.

Contoh Discovery
1. Penemuan obat khasiat buah kina sebagai obat penyembuh sakit malaria.
2. diciptakannya robot “Da Vinci” yang digunakan untuk mengangkat fibroid (tumor dalam rahim perempuan)

Contoh Invention
1. penemuan pesawat radio dapat menyebabkan perubahan2 bidang lain, seperti pendidikan, pemerintahan, pertanian, perekonomian, jasa dll.
2. penemuan pesawat dapat membawa pengaruh pada sistem transportasi udara, yang kemudian dapat mempengaruhi alat tempur, selanjutnya mempengaruhi bagi perubahan organisasi militer dan seterusnya.
3. Penemuan kapal laut, peta bumi, dan alat penentu arah (kompas) dapat menumbuhkan sikap kolonialisme.

Wednesday, 27 January 2016

MAKANAN SEHAT

MAKANAN YANG SEHAT



1.   Yang dimaksud makan untuk hidup adalah melakukan aktivitas makan untuk mempertahankan hidup.
2.      Makanan yang seharusnya dimakan oleh manusia adalah makanan yang bergizi.
3.      Makanan yang disebut makanan yang bergizi adalah makanan yang mangandung komponen-komponen zat gizi.
4.      Komponen zat gizi yng terkandung didalam makanan adalah sebagai berikut:
1. Karbohidrat,contohnya: nasi,jagung dan sagu.
2. Protein
a.Protein hewani,contohnya:telur,ikan,daging.
b.Protein nabati,contohnya:kacang-kacangan.
3. Lemak
a.Lemak hewani,contohnya: daging,kuning telur.
b.Lemak nabati,contohnya: minyak wijen,minyak jagung,minyak zaitun.
4.Vitamin,contohnya:buah-buahan
5.Mineral
6.Air
5.      Slogan budaya makan bangsa Indonesia adalah “4 sehat 5 sempurna”.

GIZI OLAHRAGA



FUNGSI MAKANAN

1.      Fungsi makanan bagi tubuh:
a)      Sumber energi baik yang berasal dari karbohirat, lemak, dan protein.
b)      Pertumbuhan dan perkembangan tubuh.
c)      Pengendalian metabolism (sistem pembuangan sisa makanan).
2.      Asupan gizi yang diperlukan oleh tubuh dipengaruhi oleh:
a)      Besar kecilnya aktivitas.
b)      Berat tubuh.
c)      Usia.
3.   sumber energi yang berasal dari karbohirat digunakan saat aktivitas menggunkan sistem anaerobic yaitu sisten yang tidak memerlukan oksigen.
4.  Pada saat melakukan olah raga, terjadi kontraksi otot-otot anggota tubuh yang bergerak. Kontraksi otot ini memerlukan energi, yang diperoleh dari zat-zat gizi yang tersimpan dalam tubuh. Misalnya glikogen yaitu cadangan energi yang disimpan dalam otot.
5.      Sistem energi yang membentuk ATP di dalam otot selama berolah raga:
a)  Sistem kreatif fosfat/anaerob tanpa pembentukan laktat (ATP-PC/alatic anaerobic sistem).
b)      Sistem anaerob dengan pembentukan laktat(lactic glikolitic sistem).
c)      Sistem aerobic (aerobic sistem) yaitu sistem yang memerlukan oksigen.
6.      Laktat adalah senyawa kimia yang terbentuk melalui sistem anaerob.
7.   Terjadinya nyeri otot disebabkan asam laktat yang menumpuk dalam otot yang terbentuk dan tertumpuk di dalam sel otot akan menyebabkan suasana di dalam sel menjadi asam. Keadaan ini akan menimbulkan nyeri otot dan anggota tubuh menjadi berat.
8.    Cara menghilangkan nyeri otot akibat penumpukan asam laktat yaitu dengan istirahat cukup (20-30 menit) asam laktat di metabolisir kembali.
9.      Fungsi Hb/Hemoglobin adalah untuk mengikat oksigen.

Wednesday, 2 September 2015

Bafetimbi Gomis sinks Man Utd

Swansea striker Bafetimbi Gomis celebrates after scoring the winner against Manchester United. 

(CNN)Reported Manchester United transfer target Bafetimbi Gomis sunk Louis van Gaal's team with his ninth goal in 10 English Premier League matches as Swansea won 2-1 at its Liberty Stadium Sunday.

United took the lead through Juan Mata just after the halftime break, but was stunned by goals from Andre Ayew and Gomis to slip to a first league defeat of the season.

The Red Devils were hoping to move into second spot behind city rival Manchester City with a win and all looked well when Mata connected with a Luke Shaw cross to put the visitors ahead.

Swansea defender Ashley Williams was at fault as he hesitated for the goal but he was to redeem himself almost immediately.

He intercepted a sloppy pass from Wayne Rooney and charged forward before finding Gylfi Sigurdsson, whose cross was well met by Ayew to equalize.

Monday, 24 August 2015

Ini 7 Langkah Rizal Ramli untuk Memangkas "Dwell Time"




JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli menyiapkan tujuh langkah pemangkas masa tunggu barang (dwell time) di Pelabuhan Tanjung Priok.

"Pembenahan itu meliputi perbaikan arus barang, sistem teknologi informasi, hingga pemberantasan mafia yang selama ini bermain," katanya dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Senin (24/8/2015).

Ia mengatakan, dirinya dan tim sudah mempelajari masalah yang terjadi di Pelabuhan Tanjung Priok. "Masalahnya memang cukup rumit. Terlalu banyak pihak yang berkepentingan. Insya Allah pekan depan kami mulai benahi. Dengan izin Allah dan kerja keras kita semua, Tanjung Priok bisa kita benahi hingga menjadi pelabuhan internasional yang efisien dan berdaya saing tinggi," katanya.

Rizal menuturkan, langkah pembenahan yang pertama adalah memperbanyak jalur hijau bagi barang-barang ekspor impor yang telah memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku.

Untuk jalur merah bagi barang yang dicurigai bermasalah, akan ditekan sampai pada tingkat paling minimal.

Ia mengatakan, kementeriannya akan menjalin koordinasi dengan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Kementerian Keuangan. 

"Kedua, yaitu dengan meningkatkan biaya denda bagi kontainer yang telah melewati masa simpan di pelabuhan," ucapnya.

Menurut dia, selama ini tarif denda yang berlaku sangat rendah, yaitu hanya Rp 27.500 per hari per kontainer seukuran 20 kaki.

Akibatnya, sebagian pengusaha lebih suka menyimpan barangnya di pelabuhan ketimbang membayar sewa gudang di luar pelabuhan yang jauh lebih mahal.

"Ketiga, kami akan membangun jalur rel kereta api sampai ke lokasi loading dan uploading peti kemas. Di negara-negara maju, akses jalur rel kereta api memang sampai ke pelabuhan," lanjutnya.

Menurut Rizal, dengan akses kereta api ke pelabuhan, maka arus barang akan lebih cepat dan murah serta mengurangi beban jalan dan kemacetan lalu lintas.

Kendati diakui rencana tersebut akan berbenturan dengan banyak pihak yang mengambil keuntungan, ia bertekad untuk tetap merealisasikan rencana itu.

"Sebab kalau kondisi sekarang dibiarkan berlanjut, maka Tanjung Priok akan terus didera persoalan yang sama dengan keruwetan dan kerumitan yang makin ekskalatif," imbuhnya.

Langkah selanjutnya, yaitu meningkatkan sistem teknologi informasi dalam pengelolaan terminal peti kemas.

Peningkatan sistem teknologi informasi dinilainya mempermudah pengusaha karena bisa dengan mudah mengetahui posisi peti kemas secara detil dan akurat. Dengan demikian, proses penanganan dan relokasi peti kemas bisa dilakukan dengan cepat dan murah.

"Kelima, sudah saatnya Tanjung Priok menambah kapasitas crane(derek). Jumlah yang ada saat ini sudah tidak memadai, sehingga kurang memberi daya dukung," katanya.

Rizal juga mengatakan, perlu dilakukan penyederhaan peraturan dan perizinan yang berlaku di pelabuhan.

Untuk itu, pihaknya akan menjalin koordinasi dengan pihak-pihak terkait, seperti Kementerian Perdagangan, PT Pelindo II, Kementerian Pertanian, Badan Karantina, Ditjen Bea & Cukai, Kepolisian, TNI Angkatan Laut, dan lainnya.

"Yang tidak kalah penting, kami juga akan memberantas mafia yang selama ini bermain di pelabuhan. Mereka inilah yang secara langsung maupun tidak langsung telah membuat Tanjung Priok menjadi pelabuhan yang lamban, tidak efisien, dan berbiaya tinggi," ungkapnya.

Rizal juga mengaku tak gentar jika harus berhadapan denganbacking para mafia tersebut. "Saya sadar betul risikonya pasti ada. Saya siap menghadapi siapapun mereka. Itulah sebabnya saya menggandeng KSAL bahkan Panglima TNI untuk memberantas para mafia," ujarnya.

Sebelumnya, pada sidang kabinet pekan silam, Presiden Joko Widodo meminta Menko Kemaritiman untuk membenahi dwell time di Pelabuhan Tanjung Priok.

Presiden Jokowi menargetkan dwell time maksimal hanya empat hari sampai akhir Oktober 2015 dari sekitar enam hari saat ini. Di Singapura, waktu bongkar muat barang di pelabuhan hanya memerlukan satu hari sedangkan di Malaysia, berkisar dua-tiga hari.


Editor: Erlangga Djumena
SumberAntara

Begini Suasana GIIAS yang Disesaki Pengunjung

Tangerang Selatan, KompasOtomotif – Suasana pameran otomotif nasional, Gaikindo Indonesia International Auto Show 2015, semakin ramai pada akhir pekan ini. Di hari Minggu, (23/8/2015), kepadatan pengunjung di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Tangerang Selatan, sudah terasa sejak pagi hari, bisa dilihat dari antrean panjang kendaraan di pintu masuk.
Lahan parkir ICE dan sekitarnya kelihatan kewalahan menampung kendaraan yang masuk. Dari pantauan KompasOtomotif, kantong parkir tambahan dibuka dekat supermarket Giant yang berjarak lebih dari 3 km.
Hasilnya bisa dilihat di lantai pamer, sampai petang hari lantai ICE disesaki pengunjung. Banyak orang berhimpitan saat berjalan di selasar atau di sekitar boothpeserta eksebisi.
Febri Ardani/KompasOtomotif
Pemandangan pengunjung dari stan Mitusbishi di Gaikindo Indonesia International Auto Show, Minggu (23/8/2015).

Diah Putri, Public Relation Head PT Amara Tujuh Perjuangan selaku penyelenggara GIIAS mengatakan, pengunjung semakin ramai di hari terakhir pekan ini, lebih banyak dari hari-hari sebelumnya. Selama empat hari penyelenggaraan GIIAS disebut didatangi lebih dari 100.000 pengunjung.

“Kami belum selesai mengumpulkan data seluruh pengunjung, tapi kira-kira hari ini (Minggu) lebih dari 50.000 orang. Kalau dijumlah bisa lebih dari 100.000 pengunjung,” ujar Putri.
GIIAS digelar 20 Agustus hingga 30 Agustus. Pintu masuk dibuka setiap hari mulai pukul 11.00 hingga 21.00 WIB, kecuali Jumat, Sabtu, dan Minggu pada 10.00 hingga 21.00 WIB. Harga tiket standar Rp 40.000, khusus untuk akhir pekan Rp 60.000.
Penulis:Febri Ardani Saragih
Editor:Azwar Ferdian

contoh surat pernyataan

SURAT PERNYATAAN Saya yang bertandatangan di bawah ini, Nama Lengkap                   : ..................... Tempat / Tanggal...