PERMAINAN PRAMUKA
1. Gamsit cina.
I. Alat yang
dibutuhkan
Dalam permainan ini, peralatan yang dibutuhkan ialah :
- Tali Rapia
- Pergelangan tangan
Cara Bermain
Prosedur gamsit cina.
Batu (Kepalan tangan),Kertas (telapak Tangan terbuka)dan Gunting (tangan
mengepal, dua jari terbuka yaitu jari telunjuk dan jari tengah).
Batu kalah oleh kertas, kertas kalah oleh
gunting, dan gunting kalah oleh batu.
Bentangkan tiga tali sepanjang 10 M atau
lebih, tali yang pertama ada di tengah-tengah sebagai pembatas antara kedua kelompok.
Dua tali yang lain dibentangkan di belakang masing-masing kelompok sebagai Sefte
area ketika dikejar oleh kelompok yang menang gamsit cina.
peserta dibentuk dua
kelompok berhadap-hadapan, kemudian dari masing-masing kelompok ditunjuk ketua
untuk gamsit cina, ketika gamsit cina kedua ketua kelompok meneriakan Batu,
Kertas, Gunting sambil mengangkat tangan kanan ke atas. Ketika terdapat
kelompok yang kalah gamsit cina, maka kelompok yang menang mengejar kelompok
yang kalah, namun apabila kelompok yang kalah keluar dari garis Sefte
Area maka kelompok yang kalah akan dilepaskan dari pengejaran kelompok
yang menang.
Tujuan
- Melatih kecekatan berfikir.
- Menumbuhkan kesigapan
bergerak.
- Melatih fisik.
IV. Makna
filosofi
Kecekatan berfikir
merupakan hal yang harus tumbuh pada setiap individu agar ketika menemukan
masalah bisa terpecahkan secara matang tanpa terburu-buru.
Sesuatu yang terjadi
merupakan ketentuan Tuhan yang tanpa sedikitpun kita ketahui, oleh karena itu
kesigapan bergerak atau refleks merupakan hal yang natural.
Fisik yang kuat
menumbuhkan kecekatan berfikir yang matang. Oleh karena itu, dibutuhkan fisik
yang kuat agar individu mampu melakukan aktivitas dan meminggul beban yang
sangat berat di pundak.
2. Sibuta dan penolong.
I. Alat yang
dibutuhkan
Dalam parmainan ini peralatan yang dibutuhkan ialah :
1. Kain
penutup mata.
2. benda
apa saja.
Cara Bermain
Perserta
berpasang-pasangan, tutupkan penutup mata kepada pasangan peserta. Peserta yang
tidak ditutup mata berjalan memutar (mencari rute untuk dilewati oleh peserta
yang ditutup matanya) kemudian letakan benda yang nanti diambil oleh peserta
yang ditutup matanya.
Setelah rute
ditentukan, serta benda telah diletakan. Kemudain peserta yang ditutup matanya
diajak berjalan dengan intruksi bebas namun tanpa menyentuhnya. Peserta yang
ditutup matanya diajak berjalan dengan rute yang telah ditentukan dan peserta
yang ditutup matanya mengambil benda yang telah diletakan. Apabila benda yang
telah diletakan tadi terambil, maka orang pertama yang mengambil benda tersebut
adalah pasangan yang terbaik.
III. Tujuan
1.
Melatih indera pendengaran.
2.
Menumbuhkan jiwa yang patuh terhadap apa yang
telah diintruksikan.
3.
Menumbuhkan kesabaran.
4.
Memupuk jiwa kepemimpinan
IV. Makna
filosofi
Dalam suatu
organisasi, dibutuhkan seorang untuk memimpin dan menjalankan roda organisasi.
Orang tersebut harus sabar dalam menghadapi anggotanya yang sangat majemuk
serta bagi orang yang dalam kedudukannya sebagai orang yang dipimpin haruslah
mampu menempatkan dirinya atau dalam kata lain ia harus Proforsional.
Kepekaan pendengaran
sangat dibuthkan, hal yang sangat dihawatirkan apabila hal itu tidak ada
akhirnya timbul Miss Comunication antara satu dengan yang lain.
3. 3. Spider
Alat yang dibutuhkan
Dalam permainan ini peralatan atau bahan yang dibutuhkan
ialah :
1.
Tarli rapia atau tambang.
2.
Dua pohon atau tiang untuk mengikatkan jaring
laba-laba.
Prosedur
1.
Buat tali rapia atau tambang menyerupai sarang
laba-laba dengan cara diikat satu sama lainnya.
2.
Ukuran tiap celah dari jaring tersebut maksimum
60 Cm.
3.
Ikatkan masing-masing ujung jaring tersebut
ketiang.
Cara Bermain
1.
Bagi peserta ke dalam eberapa kelompok, tiap
kelompok terdiri dari 5-7 orang (disesuaikan dengan celah yang ada pada
jaring).
2.
Setiap kelompok ditugaskan untuk berpindah dari
sisi jaring satu ke sisi jaring yang lain.
3.
Semua anggota kelompok harus berpindah melewatu
jaring tersebut dan tidak boleh ada yang tesisa.
4.
Seiap celah hanya boleh dilewati oleh satu
anggota kelompok. Celah yang sudah dilewati salah seorang anggota kelompok
tidak boleh dipakai lagi.
5.
Dalam melewati celah tersebtu, anggota badan
peserta tidak diperbolehkan menyentuh tali atau jaring, jika hal ini dilakukan
maka kelompok tersebut harus mengulanginya lagi dari awal.
6.
Anggota kelompok diperbolehkan untuk bekerja
sama dengan cara apapun selama tidak
menyalahi ketentuan di atas,
7.
Kelompok yang tercepat melalui jaring tersebut
akan menjadi pemenang.
Tujuan
- Terdapat beberapa tujuan dari
permainan ini, antara lain ialah :
- Team building
- Energizer
- Comunication.
V. Makna
filosofi
Kehidupan manusia yang
secara natural membutuhkan manusia yang lain karena manusia merupakan makhlik
sosial. Oleh karena itu dalam sebuah kelompok haruslah tertanam jiwa di
masing-masing anggota rasa yang kokoh untuk memajukan kelompok tersebut maka
dibutuhkanlah Tim building. Selain daripada itu komunikasi yang aktif antara
anggota kelompok menjadi salah satu
penentu dari kesuksesan kelompok. Hal kecil seperti ini, memang tak terasa
padahal pada dasarnya apabila tidak terdapat komunikasi yang baik antara
anggota kelompok akan menimbulkan Miss comunication yang mengakibatkan
timbulnya rasa saling menjastis antar satu sama lain dalam sebuah kelompok.
Individu yang
mempunyai vitalitas yang tinggi mampu memikul beban serta enerjik sangat
dibutuhkan dalam mejalankan aktivitas kehidupan. Maka tanamkanlah dalam diri
kita vitalitas. Sesuai dengan yang diajarkan kepada kita Akal yang sehat
terdapat pada Jasad yang sehat.