Thursday, 3 March 2016

cara mencari buku di perpustakaan



ASAL MULA DAN ARTI KODE PADA BUKU DI PERPUSTAKAAN

Kita tentu sering masuk perpustakaan untuk meminjam buku,pada buku yang kita pinjam di perpustakaan tersebut tentu ada tanda atau kode di balik belakang dari buku tersebut,mungkin dari kita menganggap tidak penting kode itu,karena pikiran kita itu urusan dari penjaga perpustakaan,tetapi bagi kita yang selalu ingin tahu pasti menarik untuk mengikuti asal mula dan arti kode dari penomoran pada buku tersebut.

Penomoran pada buku perpustakaan pertama kali dikenalkan oleh seorang pustakawan asal Amerika Serikat yang bernama Melville Louis Kossuth Dewey (1851-1931),sehingga penamaanya disebut dengan sistem Dewey atau lebih lengkapnya disebut Dewey Decimal Classification (DDC) atau Sistem Persepuluh dewey,Dewey membagi buku dalam sepuluh kelompok atau kelas utama,setiap kelas utama bisa di bagi menjadi sepuluh sub kelas,dan setiap sub kelas masih bisa di bagi menjadi sepuluh sub kelas yang lebih kecil lagi
Kelas utama dari penomoran Dewey adalah sebagai berikut
  • 000 Untuk buku-buku umum,Komputer,refensi umum
  • 100 Untuk buku-buku Filsafat
  • 200 Untuk buku-buku Agama
  • 300 Untuk buku-buku Sosial
  • 400 Untuk buku-buku Bahasa
  • 500 Untuk buku-buku Ilmu murni atau sains
  • 600 Untuk buku-buku Teknologi
  • 700 Untuk buku-buku Kesenian
  • 800 Untuk buku-buku Bahasa
  • 900 Untuk buku-buku Biografi dan Sejarah

   
Angka yang ada di belakang dari kelas utama menunjukan spesifikasi lagi pada kelas utama,sebagai contoh angka 500 menunjukan untuk ilmu-ilmu sains, angka 510 untuk buku-buku matematika, 520 untuk buku-buku astronomi, 530 untuk untuk buku-buku  fisika, sedang angka dibelakangnya lagi menunjukan lebih spesifik lagi, misalnya 531 untuk mekanika,532 untuk mekanika zat cair,533 untuk mekanika zat padat dan sebagainya,dan seterusnya intinya angka-angka dibelakangnya lagi menunjukan lebih sepesifik dari buku tersebut hingga jumlah buku sampai huruf inisial untuk nama pengarang buku tersebut

Tuesday, 1 March 2016

1000 macam permainan pramuka



PERMAINAN PRAMUKA
1. Gamsit cina.
I. Alat yang dibutuhkan
Dalam permainan ini, peralatan yang dibutuhkan ialah :
  1. Tali Rapia
  2. Pergelangan tangan
Cara Bermain
Prosedur gamsit cina. Batu (Kepalan tangan),Kertas (telapak Tangan terbuka)dan Gunting (tangan mengepal, dua jari terbuka yaitu jari telunjuk dan jari tengah).
Batu kalah oleh kertas, kertas kalah oleh gunting, dan gunting kalah oleh batu.
Bentangkan tiga tali sepanjang 10 M atau lebih, tali yang pertama ada di tengah-tengah sebagai pembatas antara kedua kelompok. Dua tali yang lain dibentangkan di belakang masing-masing kelompok sebagai Sefte area ketika dikejar oleh kelompok yang menang gamsit cina.
peserta dibentuk dua kelompok berhadap-hadapan, kemudian dari masing-masing kelompok ditunjuk ketua untuk gamsit cina, ketika gamsit cina kedua ketua kelompok meneriakan Batu, Kertas, Gunting sambil mengangkat tangan kanan ke atas. Ketika terdapat kelompok yang kalah gamsit cina, maka kelompok yang menang mengejar kelompok yang kalah, namun apabila kelompok yang kalah keluar dari garis Sefte Area maka kelompok yang kalah akan dilepaskan dari pengejaran kelompok yang menang.
Tujuan
  1. Melatih kecekatan berfikir.
  2. Menumbuhkan kesigapan bergerak.
  3. Melatih fisik.
IV. Makna filosofi
Kecekatan berfikir merupakan hal yang harus tumbuh pada setiap individu agar ketika menemukan masalah bisa terpecahkan secara matang tanpa terburu-buru.
Sesuatu yang terjadi merupakan ketentuan Tuhan yang tanpa sedikitpun kita ketahui, oleh karena itu kesigapan bergerak atau refleks merupakan hal yang natural.
Fisik yang kuat menumbuhkan kecekatan berfikir yang matang. Oleh karena itu, dibutuhkan fisik yang kuat agar individu mampu melakukan aktivitas dan meminggul beban yang sangat berat di pundak.

2. Sibuta dan penolong.
I. Alat yang dibutuhkan
Dalam parmainan ini peralatan yang dibutuhkan ialah :
1.      Kain penutup mata.
2.      benda apa saja.
Cara Bermain
Perserta berpasang-pasangan, tutupkan penutup mata kepada pasangan peserta. Peserta yang tidak ditutup mata berjalan memutar (mencari rute untuk dilewati oleh peserta yang ditutup matanya) kemudian letakan benda yang nanti diambil oleh peserta yang ditutup matanya.
Setelah rute ditentukan, serta benda telah diletakan. Kemudain peserta yang ditutup matanya diajak berjalan dengan intruksi bebas namun tanpa menyentuhnya. Peserta yang ditutup matanya diajak berjalan dengan rute yang telah ditentukan dan peserta yang ditutup matanya mengambil benda yang telah diletakan. Apabila benda yang telah diletakan tadi terambil, maka orang pertama yang mengambil benda tersebut adalah pasangan yang terbaik.
III. Tujuan
1.          Melatih indera pendengaran.
2.          Menumbuhkan jiwa yang patuh terhadap apa yang telah diintruksikan.
3.          Menumbuhkan kesabaran.
4.          Memupuk jiwa kepemimpinan
IV. Makna filosofi
Dalam suatu organisasi, dibutuhkan seorang untuk memimpin dan menjalankan roda organisasi. Orang tersebut harus sabar dalam menghadapi anggotanya yang sangat majemuk serta bagi orang yang dalam kedudukannya sebagai orang yang dipimpin haruslah mampu menempatkan dirinya atau dalam kata lain ia harus Proforsional.
Kepekaan pendengaran sangat dibuthkan, hal yang sangat dihawatirkan apabila hal itu tidak ada akhirnya timbul Miss Comunication antara satu dengan yang lain.

 3. 3. Spider
Alat yang dibutuhkan
Dalam permainan ini peralatan atau bahan yang dibutuhkan ialah :
1.          Tarli rapia atau tambang.
2.          Dua pohon atau tiang untuk mengikatkan jaring laba-laba.
Prosedur
1.          Buat tali rapia atau tambang menyerupai sarang laba-laba dengan cara diikat satu sama lainnya.
2.          Ukuran tiap celah dari jaring tersebut maksimum 60 Cm.
3.          Ikatkan masing-masing ujung jaring tersebut ketiang.
Cara Bermain
1.      Bagi peserta ke dalam eberapa kelompok, tiap kelompok terdiri dari 5-7 orang (disesuaikan dengan celah yang ada pada jaring).
2.      Setiap kelompok ditugaskan untuk berpindah dari sisi jaring satu ke sisi jaring yang lain.
3.      Semua anggota kelompok harus berpindah melewatu jaring tersebut dan tidak boleh ada yang tesisa.
4.      Seiap celah hanya boleh dilewati oleh satu anggota kelompok. Celah yang sudah dilewati salah seorang anggota kelompok tidak boleh dipakai lagi.
5.      Dalam melewati celah tersebtu, anggota badan peserta tidak diperbolehkan menyentuh tali atau jaring, jika hal ini dilakukan maka kelompok tersebut harus mengulanginya lagi dari awal.
6.      Anggota kelompok diperbolehkan untuk bekerja sama dengan cara apapun selama tidak menyalahi ketentuan di atas,
7.      Kelompok yang tercepat melalui jaring tersebut akan menjadi pemenang.
Tujuan
  1. Terdapat beberapa tujuan dari permainan ini, antara lain ialah :
  2. Team building
  3. Energizer
  4. Comunication.
V. Makna filosofi
Kehidupan manusia yang secara natural membutuhkan manusia yang lain karena manusia merupakan makhlik sosial. Oleh karena itu dalam sebuah kelompok haruslah tertanam jiwa di masing-masing anggota rasa yang kokoh untuk memajukan kelompok tersebut maka dibutuhkanlah Tim building. Selain daripada itu komunikasi yang aktif antara anggota kelompok menjadi salah satu penentu dari kesuksesan kelompok. Hal kecil seperti ini, memang tak terasa padahal pada dasarnya apabila tidak terdapat komunikasi yang baik antara anggota kelompok akan menimbulkan Miss comunication yang mengakibatkan timbulnya rasa saling menjastis antar satu sama lain dalam sebuah kelompok.
Individu yang mempunyai vitalitas yang tinggi mampu memikul beban serta enerjik sangat dibutuhkan dalam mejalankan aktivitas kehidupan. Maka tanamkanlah dalam diri kita vitalitas. Sesuai dengan yang diajarkan kepada kita Akal yang sehat terdapat pada Jasad yang sehat.




kompas dan sejarahnya



Kompas.
Kompas adalah alat navigasi untuk menentukan arah berupa sebuah panah penunjuk magnetis yang bebas menyelaraskan dirinya dengan medan magnet bumi secara akurat. Kompas memberikan rujukan arah tertentu, sehingga sangat membantu dalam bidang navigasi. Arah mata angin yang ditunjuknya adalah utara, selatan, timur, dan barat. Apabila digunakan bersama-sama dengan jam dan sekstan, maka kompas akan lebih akurat dalam menunjukkan arah. Alat ini membantu perkembangan perdagangan maritim dengan membuat perjalanan jauh lebih aman dan efisien dibandingkan saat manusia masih berpedoman pada kedudukan bintang untuk menentukan arah.
Penemuan bahwa jarum magnetik selalu mengarah ke utara dan selatan terjadi di Cina dan diuraikan dalam buku Loven Heng. Di abad kesembilan, orang Cina telah mengembangkan kompas berupa jarum yang mengambang dan jarum yang berputar.Pelaut Persia memperoleh kompas dari orang Cina dan kemudian memperdagangkannya. Tetapi baru pada tahun 1877 orang Inggris, William Thomson, 1st Baron Kelvin (Lord Kelvin) membuat kompas yang dapat diterima oleh semua negara. Dengan memperbaiki kesalahan-kesalahan yang timbul dari deviasi magnetik karena meningkatnya penggunaan besi dalam arsitektur kapal.
Alat apa pun yang memiliki batang atau jarum magnetis yang bebas bergerak menunjuk arah utara magnetis dari magnetosfer sebuah planet sudah bisa dianggap sebagai kompas. Kompas jam adalah kompas yang dilengkapi dengan jam matahari. Kompas variasi adalah alat khusus berstruktur rapuh yang digunakan dengan cara mengamati variasi pergerakan jarum. Girokompas digunakan untuk menentukan utara sejati.
Lokasi magnet di Kutub Utara selalu bergeser dari masa ke masa. Penelitian terakhir yang dilakukan oleh The Geological Survey of Canada melaporkan bahwa posisi magnet ini bergerak kira-kira 40 km per tahun ke arah barat laut.
Kompas, si penunjuk arah.




Berikut ini adalah arah mata angin yang dapat ditentukan kompas.
  • Utara (disingkat U atau N)
  • Barat (disingkat B atau W)
  • Timur (disingkat T atau E)
  • Selatan (disingkat S)
  • Barat laut (antara barat dan utara, disingkat NW)
  • Timur laut (antara timur dan utara, disingkat NE)
  • Barat daya (antara barat dan selatan, disingkat SW)
  • Tenggara (antara timur dan selatan, disingkat SE)
Jenis kompas
Kompas dibedakan menjadi dua jenis, yaitu kompas analog dan kompas digital.
Kompas analog
Kompas analog adalah kompas yang biasa kita lihat dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja kompas yang dipakai ketika acara pramuka. Sedangkan kompas digital merupakan kompas yang telah menggunakan proses digitalisasi. Dengan kata lain cara kerja kompas ini menggunakan komputerisasi.

Kompas digital
Diciptakannya kompas digital bertujuan untuk melengkapi kebutuhan robotika yang semakin canggih. Dunia robotika ini sangat membutuhkan alat navigasi yang efektif dan efisien. Sementara itu alat sistem navigasi yang tersedia di pasaran harganya mahal. Sedangkan kompas sendiri merupakan sebuah alat sistem navigasi yang efektif dengan harga lebih murah. oleh karena itu kompas digital diharapkan bisa mensubstitusi alat sistem navigasi pada robot.
Kompas-kompas digital yang ada di pasaran banyak macamnya. Di antaranya yaitu CMPS03 Magnetic Compass buatan Devantech Ltd. CMPS03 yang berukuran 4 x 4 cm ini menggunakan sensor medan magnet Philips KMZ51 yang cukup sensitif untuk mendeteksi medan magnet bumi. Kompas digital ini cukup supplai tegangan sebesar 5 Vdc dengan konsumsi arus 15mA. Pada CMPS03, arah mata angin dibagi dalam bentuk derajat yaitu : Utara (00), Timur (900), Selatan (1800) dan Barat (2700).
Ada dua cara untuk menperoleh informasi arah dari kompas digital ini yaitu dengan membaca sinyal PWM (Pulse Width Modulation) pada pin 4 atau dengan membaca data interface I2C pada pin 2 dan 3. Sinyal PWM adalah sebuah sinyal yang telah dimodulasi lebar pulsanya. Pada CMPS03, lebar pulsa positif merepresentasikan sudut arah. Lebar pulsa bervariasi antara 1mS (00) sampai 36.99mS (359.90). Dengan kata lain lebar pulsa berubah sebesar 100uS setiap derajatnya. Sinyal akan low selama 65mS di antara pulsa, sehingga total periodanya adalah 65mS + lebar pulsa positif (antara 66mS sampai 102mS). Pulsa tersebut dihasilkan oleh timer 16 bit di dalam prosesornya, yang memberikan resolusi 1uS.
Selain PWM, CMPS03 juga dilengkapi dengan interface I2C yang dapat digunakan untuk membaca data arah dalam bentuk data serial. Pada mode 8 bit, arah utara ditunjukkan dengan data 255 dengan resolusi 1,40625 derajat/bit. Pada mode 16 bit, arah utara ditunjukkan dengan data 65535 sehingga resolusinya menjadi 0,0055 derajat/bit.
Dari berbagai macam kompas digital di atas dapat diketahui bahwa kompas digital CMPS03 merupakan kompas digital yang paling bagus. Walaupun kompas ini paling bagus karena gambarannya bisa ditampilkan dalam layar LCD karakter, namun kompas ini tidak bisa digunakan oleh semua jenis robot. Hal ini dikarenakan setiap robot mempunyai kebutuhan atas sistem navigasi berupa kompas digital yang beda antar robot satu dengan robot lainnya. Ada kemungkinan jenis robot A membutuhkan kompas digital jenis B, dan ada kemungkinan bahwa kompas satu tidak bisa tersubstitusikan oleh kompas lainnya.

contoh surat pernyataan

SURAT PERNYATAAN Saya yang bertandatangan di bawah ini, Nama Lengkap                   : ..................... Tempat / Tanggal...