Menurut
Saiful Bahri Djamarah (2002: 132-133), seseorang yang berminat terhadap suatu
aktivitas akan memperhatikan aktivitas itu secara konsisten dan rasa senang.
Selain itu dapat juga diimplementasikan melalui partisipasi aktif dalam suatu
kegiatan, dan memberikan perhatian yang lebih besar terhadap sesuatu yang
diminati tanpa menghiraukan sesuatu yang lain. Sedangkan Hurlock (1993:139),
mengemukakan bahwa kondisi yang mempengaruhi minat anak pada sekolah yaitu : 1)
pengalaman dini sekolah, 2) Pengaruh Orang tua, 3) Sikap Saudara Kandung, 4) Sikap
Teman Sebaya, 5) penerimaan oleh kelompok teman sebaya, 6) keberhasilan
akademik, 7) sikap terhadap pekerjaan.
Berdasarkan uraian di atas maka faktor-faktor
yang mempengaruhi adanya minat sebagai berikut:
1. Faktor intrinsik atau faktor dari dalam
yaitu minat dipengaruhi oleh kekuatan-kekuatan yang mendorong dari dalam diri
seseorang yang terdiri dari rasa tertarik, rasa senang, adanya perhatian, dan
ada kemauan untuk melakukan suatu kegiatan.
2. Faktor ekstrinsik atau faktor dari luar
diri seseorang. Dalam pembelajaran penjasorkes pengaruh dari luar tersebut
adalah guru penjasorkes, alat dan fasilitas, metode yang digunakan guru, dan
materi yang diberikan guru kepada anak didik.
No comments:
Post a Comment