Wednesday, 25 May 2016

TATA RUANG WILAYAH



Pengertian Pengendalian Pemanfaatan Ruang Wilayah

Pengendalian pemanfaatan ruang harus dilakukan secara optimal agar pemanfaatan ruang sesuai dengan rencana tata ruang wilayah yang telah disusun. Optimalisasi pemanfaatan ruang diperlukan guna menjaga agar tidak terjadi penyalahgunaan fungsi kawasan. Selain itu agar tidak terjadi konflik antara sektor lingkungan dan ekonomi. Menurut Sumarmi (2012:37) pengendalian dilakukan melalui dua cara yaitu pengawasan dan penertiban. Pengawasan dilakukan guna menjaga kesesuaian fungsi ruang, sedangkan penertiban dilakukan dalam bentuk tindak pengamanan dalam rangka mewujudkan rencana tata ruang. Bentuk pengawasan mencakup pelaporan, pemantauan, dan evaluasi; sedangkan bentuk penertiban mengenai pengenaan sanksi (administrasi, perdata dan pidana) sesuai dengan peraturan perUndang-undangan yang berlaku. Khusus untuk wilayah Daerah Tingkat II (Kabupaten/Kota) pengendalian pemanfaatan ruang juga mencakup mekanisme perizinan.
Pengendalian pemanfaatan ruang berkaitan pula dengan pengkajian aspek kualitas lingkungan alam, lingkungan sosial budaya dan lingkungan buatan yang terjadi di lapangan akibat pelaksanaan rencana. Hasil pengkajian ini menjadi salah satu bahan evaluasi untuk menilai pemanfaatan ruang dalam mencapai tujuan rencana tata ruang. Evaluasi ini penting, karena fakta di lapangan merupakan umpan balik untuk menyempurnakan rencana di masa masa mendatang dan pelaksanaan pembangunan sektoral dan daerah lebih lanjut (Sumarmi 2012:37-38).
Rencana tata ruang yang dibuat setiap wilayah merupakan acuan baku untuk penggunaan ruang wilayah, maka diharapkan berbagai kegiatan yang menggunakan sumberdaya alam dapat diatur alokasi pemanfaatan ruangnya secara jelas dan detail. Dengan adanya perencanaan yang jelas maka kawasan lindung dapat menjalankan fungsi sebagaimana mestinya.

Tuesday, 24 May 2016

Contoh Soal Matematika Kelas 4

1.        Urutan bilangan bulat di bawah ini jika dirutkan dari yang paling kecil adalah ….
a.       – 1, 0, 7,  - 10                                            c.  7, 0, -10, -1
b.      0, 7, -1, -10                                                d.  -10, -1, 0, 7           
2.        Hasil dari  -45 – (-45) = ….
a.       90                                                              c.  0
b.      -90                                                             d.  -0
3.        Hasil dari  141 + (-38) = ….
a.       179                                                                        c.  103
b.      113                                                                        d.  -103
4.        Lawan dari 103 adalah ….
a.       -301                                                           c.  103
b.      -103                                                           d.  310
5.        Hasil dari 50 + 100 : 10 X 5 = ….
a.       30                                                              c.  100
b.      75                                                              d.  300
6.    Hasil dari 45, 79 - 3,5 adalah ….
a.       43,29                                                         c.  42,29
b.      40,30                                                         d.  41,30
7.    Lambang bilangan 194 jika ditulis dengan menggunakan lambang bilangan romawi adalah ….
a.       CXCIV                                                     c.  DXCIV
b.      CLXXXXIV                                            d.  CDXCIV
8.    Bilangan asli dari CDLXXVII adalah ….
a.       477                                                                        c.  647
b.      577                                                                        d.  687

1.  IV               2. X                 3. III                4. C
9.    Lambang pokok bilangan romawi ditunjukan oleh ….
a.       1 dan 2                                                      c.  3 dan 4
b.      2 dan 3                                                      d.  2 dan 4

10.    Bangun ruang yang memiliki 6 sisi bidang datar, setiap sisi yang membatasi berbentuk persegi panjang, sisi yang berhadapan sama luasnya, setiap sudutnya berbentuk sudut siku-siku adalah cirri-ciri bangun ….
a.       Balok                                                         c.  prisma segitiga
b.      kubus                                                         d.  limas

1.        (-630) – (-140) = n,  n adalah ….
2.        3 kg  +  4 kg  + 2 ons = …. Gram
3.        Lambang bilangan asli dari CXLIX adalah ….
4.        n + 115 = 115 + 85 nilai n adalah ….

5.        Faktor persekutuan dari 39 dan 48 adalah ….

Sunday, 22 May 2016

ENERGI BARU DAN TERBARUKAN


ENERGI BARU DAN TERBARUKAN


       1. Tenaga Turbin Angin(windmill)
Tenaga angin merupakan salah satu sumber energi terbarukan yang tak akan pernah habis.apalagi jika diletakkan di dekat pantai yang kaya dengan angin yang kencang.sistem kerja dari turbin angin ini dengan menggunakan kincir angin.kincir angin dibangun tinggi sekira diatas 30meter.bilah-bilah pada kincir angin akan memutar gear yang berada di bawah tanah pada kincir tersebut.lalu gear tersebut memutar turbin dan selanjutnya disalurkan ke generator hingga menjadi arus listrik.negara yang sudah menggunakan pembangkit jenis ini antara lain belanda dan belgia.tak heran belanda mendapatkan julukan sebagai negeri kincir angin.karena tak sulit menemukan kincir angin yang digunakan untuk berbagai keperluan di negeri tersebut.antara lain untuk keperluan pembagkit listrik dan irigasi.

2.Tenaga Panas Bumi(Geothermal)


Tenaga yang satu ini juga sangat cocok dibangun di Indonesia.dengan memanfaatkan uap panas yang banyak terdapat di dekat daerah gunung berapi.praktis pembangkit ini dapat dibangun di seluruh pulau di Indonesia kecuali Pulau Kalimantan yang memang tidak mempunyai gunung berapi.Untuk membangkitkan listrik dengan panas bumi dilakukan dengan mengebor tanah di daerah yang berpotensi panas bumi untuk membuat lubang gas panas yang akan dimanfaatkan untuk memanaskan ketel uap (boiler) sehingga uapnya bisa menggerakkan turbin yang tersambung ke Generator.di Indonesia beberapa Geothermal sudah dibangun,salah satunya diwilayah Sulawesi Utara.

3.Tenaga Ombak(wave)

 Sebagai negara maritim yang memiliki garis pantai terpanjang di dunia,tenaga ombak sangat cocok pula bila diterapkan di Indonesia.
Cara kerja dari pembangkit listrik tenaga ombak(wave) atau gelombang laut ini bisa dilihat di foto diatas.air laut yang memiliki arus yang cukup kuat masuk ke dalam terowongan lalu diteruskan untuk menggerakan turbin,dan selanjutnya disalurkan ke generator.dan akhirnya dihasilkan arus listrik yang dapat digunakan.beberapa negara yang sudah menggunakan energi ini untuk keperluan pembakit listrik yaitu Norwegia di negara Skandinavia dekat dengan Baltik.
4.Tenaga Air
Tenaga Air dapat dijadikan sumber energi alternatif dengan membangun PLTA(Pembangkit Listrik Tenaga Air). Dengan memanfaatkan sungai yang memiliki arus yang deras.maka pembangunan PLTA diharuskan pula untuk membangun bendungan.sistime kerjanya dapat dilihat di gambar.sungai yang memiliki arus yang deras ditampung dan masuk kedalam terowongan dari permukaan sungai yang lebih tinggi.lalu karena kemiringan tersebut arus air dapat lebih kencang dan akhirnya dapat memutarkan turbin yang disalurkan ke generator dan menghasilkan listrik.pembangunan PLTA ini paling tepat bila dibangun di sungai yang beraliran konsekwen atau subskwen yang memiliki satu arus saja.kelemahan dari PLTA adalah saat debit air pada sungai tersebut menurun,makan pasokan listrik juga akan berkurang.begitupula sebaliknya bila pasokan debit air banyak terutama sehabis hujan maka turbin akan berputar lebih kencang dan menghasilkan listrik sesuai dengan kemampuan turbin.seluruh pulau-pulau besar di Indonesia memiliki PLTA,terutama di wilayah Sumatera dan Jawa.

5.Energi Sampah(Biomass)
Diantara berbagai energi alternatif yang sudah dibahas diatas,inilah energi alternatif yang paling unik.siapa bilang sampah tidak bisa digunakan apa-apa lagi dan tidak memiliki nilai ekonomis ?
dengan sampah lah saudara-saudara kita yang bekerja sebagai pemulung dan pengepul barang bekas bisa hidup saat ini.tak cukup disitu,ternyata sampah juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi alternatif yang bernama PLTSa(Pembangkit Listrik Tenaga Sampah).banyak negara yang sudah menggunakan energi ini,salah satunya Jepang dan Korea.
kebetulan beberapa Kota Besar di Indonesia memiliki problem terhadap sampah yang sudah akut.mungkin pembangkit tipe ini bisa menjadi solusinya.
cara kerja dari pembangkit tipe ini pertama sampah harus dipilah terlebih dahulu terutama yang masih dapat didaur ulang dan yang tidak.setelah itu lalu dimasukkan ke dalam Insenerator.agar pembakaran sampah ini tidak berbahaya bagi lingkungan maka di dalam Insenarator suhu pembakaran nya harus diatas 1300 derajat celcius!.asap yang keluar dari lubang pembakaran juga dikendalikan agar memenuhi emisi gas buang sehingga tidak berbahaya bagi lingkungan.
dari proses pembakaran yang terjadi di insenerator yang menghasilkan panas lalu disalurkan untuk memanaskan Boiler lalu ke turbin dan disalurkan ke generator dan akhirnya menjadi arus listrik.bagaimana dengan sisa pembakaran tersebut ?? sisa pembakaran yang berupa abu bisa digunakan untuk membuat bahan material baru seperti batako dan batu bata.bahkan bisa dicampurkan ke dalam adonan untuk pembutan asbes atau bahan bangunan lainnya. Salah satu kota yang sudah menerapkan Pembangkit jenis ini adalah Kota Bandung di Jawa Barat.



Saturday, 21 May 2016

28 DAWUH KH. MAIMOEN ZUBAIR (ALLOHUMMA SOLI ALA MUHAMMAD)

 

28 DAWUH KH. MAIMOEN ZUBAIR

Berikut adalah sebagian dawuh Mbah Maimoen Zubair yang sempat saya kumpulkan sewaktu ngaji:
1. "Sampeyan sekolah model apapun, seng penting ojo ninggalno ngaji." (Anda sekolah yang bagaimanapun, terpenting jangan tinggalkan ngaji).

2. "Dzurriyatur Rasul kebanyakan tak terlihat, maka jangan menjelek-jelekkan orang Islam."

3. "Kulo gadah (punya) guru namine (namanya) KH. Abdullah bin Nuh. Beliau kalau mau mengajar harus    muthalaah dahulu, padahal beliau sangat alim."
4. "Wong koq neng omah terus kaprahe ora sehat, mulane sekali-kali refreshing." (Umumnya orang yang kebanyakan di rumah itu tidak sehat, maka sesekali perlu refreshing).

5. "Kelompok yang menguasai dataran tinggi Golan maka akan menguasai dunia. Seperti yang terjadi saat ini, Yahudi sekarang yang menguasai dataran itu."

6. "Wong iku kudu duwe jiwa Nasionalis." (Orang itu harus punya jiwa Nasionalis).

7. "Jangan mengatakan negara Uni Soviet itu komunis. Pemerintahannya saja yang komunis. Karena dulu Uni Soviet itu terdiri dari banyak daerah seperti Uzbekistan, Turkmenistan, dll. yang mayoritas Muslim. Dan banyak ulama besar lahir di sana seperti Imam Bukhari, Imam Samarkandi, dll. Cuma Rusia yang non-Muslim."

8. "Setelah shalat Shubuh jangan tidur lagi, karena bisa menyebabkan faqir."

9. "Kalau kamu ditanya alamat oleh seseorang jawablah dengan alamat desamu, jangan kotamu dulu. Karena ulama-ulama itu bangga dengan desanya."

10. "Kiai iku kudu iso moco kitab kosongan." (Kiai itu harus bisa membaca kitab kuning gundul).

11. "Ora kudu pinter bercakap-cakap bahasa Arab. Seng kudu iku biso moco tulisan Arab lan paham." (Tidak harus pandai bercakap bahasa Arab. Yang harus adalah bisa membaca tulisan Arab dan paham).

12. "Syaikh Ihsan Jampes iku ngalim, iso ngarang kitab Sirajut Thalibin. Ngalime koyo ngono tapi ngomong-ngomong Arab gak patek lancar." (Syaikh Ihsan Dahlan Jampes Kediri itu alim, mampu mengarang kitab Siraj ath-Thalibin. Beliau yang begitu alimnya saja dalam percakapan bahasa Arab kurang begitu lancar).

13. "Wong wareg iku angel ngalime." (Orang yang kenyang itu sulit menjadi alim).

14. "Gusti Allah ojo mbok tuntun." (Allah Swt. jangan didikte).

15. "Wong seng apik iku wong seng ora berubah waktu seneng utowo susah." (Orang yang baik itu orang yang tidak berubah sewaktu suka ataupun susah).

16. "Al-Quran keterangane kadang dibolan-baleni. Mulane wong koq bosen karo al-Quran berarti lemah imane." (Al-Quran keterangannya terkadang diulang-ulang. Maka, jika ada orang yang bosan terhadap al-Quran pertanda lemah imannya).

17. خير الامور وسط # حب التناهي غلط . "Yang terbaik dalam segala sesuatu adalah yang moderat (pertengahan) # Sedangkan suka pada penghinaan adalah suatu kesalahan."

18. "Nek arep ngomong ojo waktu jengkel." (Kalau mau berbicara jangan di saat marah).

19. "Orang yang kamu ikuti itu kudu seng pinter agomo (harus yang pandai agama/seorang ulama).

20. "Kanjeng Nabi walaupun sebagian paman-pamane kafir lan mungsuhi (memusuhi), tetapi Beliau (Saw.) tetap bersilaturahim pada mereka."

21. "Kudu biso moco (harus bisa baca kitab) Fathul Mu'in lan Fathul Qarib."

22. "Biso parek karo Allah iku dengan bil ilmi wattaqwa." (Bisa dekat dengan Allah itu dengan ilmu dan ketakwaan).

23. "Ora do iso moco kitab koq arep gawe Khilafah." (Tidak bisa baca kitab kuning koq mau membuat/mendirikan Khilafah!).

24. "Ora usah sombong, seng kurikulum ben kurikulum, pancen wes wayahe. Seng penting Sampeyan ngaji." (Tidak usah sombong, yang memakai sistem kurikulum biarkan saja dipakai, memang sudah waktunya. Yang penting Anda ngaji).

25. "Wong-wong sholeh walaupun faqir mereka tetep nyaman seperti Syaikh Abil Hasan asy-Syadzili."

26. "Apik-apike ke-futuh iku melek dalu karo moco kitab kerono Allah Ta'ala." (Terbukanya hati (futuh) itu paling baiknya terjaga di malam hari sambil baca kitab dengan ikhlas).

27. "Omah nek dinggoni sholat sunnah jembar rizqine." (Rumah jika dipakai untuk shalat sunnah maka rizkinya luas).

28. "Duwe anak iku apike jumlahe sedengan, yo ora akeh yo ora sitik. Mergo Kanjeng Nabi pernah ditakoi sahabat tentang urip susah. Nabi jawabe: كثرت العيال وقلة المال. (Punya anak sebaiknya berjumlah yang cukup/sedang, tidak banyak juga tidak sedikit. Karena Nabi pernah ditanya oleh sahabat tentang hidup susah, maka jawab Nabi Saw.: "Banyak anak sedikit rizki/harta.").

(By: Si Pitung Masakini via Pak Rijal Mumazziq Z yang via Mas Syaroni As-Samfuriy)

MENDIDIK ANAK DENGAN AL QUR'AN

 

Rasulullah tidak pernah tidur sebelum mencium Fatimah. Pernah suatu ketika ditegur dan ditanya salah satu istrinya, kenapa engkau selalu mencium Fatimah? Rasulullah menjawab, ‘setiap aku rindu surga aku mendapatkan semerbak bau harum surga pada diri Fatimah’.
Suatu hari Siti Fatimah sudah masuk di kamarnya, sudah di dalam selimutnya, mau tidur. Rasulullah mengetuk pintu kamarnya, kemudian Rasulullah masuk dan Siti Fatimah bangun, kata Rasulullah ‘jangan, tetaplah kamu di tempat tidurmu’.
Kemudian beliau bersabda ‘putriku Fatimah, kamu jangan tidur sebelum mengkhatamkan Al-Quran. Kamu jangan tidur sebelum menjadikan seluruh nabi memberikan syafaat untukmu. Kamu jangan tidur sebelum merelakan atau memberi kerelaan kepada seluruh kaum mukminin-mukminat di dunia ini. Dan terakhir wahai putriku Fatimah jangan kamu tidur sebelum kamu Umrah dan Haji’.
Permintaan yang sulit semua. Sebelum tidur khatam Al-Quran. Sebelum tidur menjadikan seluruh Nabi memberikan syafaat. Sebelum tidur merelakan kaum mukminin-mukminat. Sebelum tidur Umrah dan Haji.
Siti Fatimah terkejut mendapatkan perintah ini. Sebelum sempat Fatimah berkata, Rasulullah shalat dua rakaat di kamar Siti Fatimah. Siti Fatimah duduk menanti selesai shalat ayahnya untuk menanyakan tentang perintah tadi.
Setelah Rasulullah salam, Siti Fatimah berkata, ‘ayahku, siapa yang mampu sebelum tidur khatam Al-Quran, menjadikan para Nabi memberi syafaat, merelakan seluruh kaum mukminin-mukminat, dan melaksanakan Umrah dan Haji?’
Rasulullah tersenyum kemudian beliau bersabda, ‘bukan begitu putriku, bukankah engkau
kalau membaca Qulhuwallahu Ahad (Surah Al-Ikhlas) sebanyak 3x dihitung seperti khatam Al-Quran.
Kedua, bershalawatlah kepadaku dan seluruh para nabi, nanti kami semua siap memberi syafaat.
Ketiga, doakan kaum mukminin-mukminat; Astaghfirullah lil mukminina wal mukminat, supaya semua kaum mukminin-mukminat rela kepadamu.
Ke empat, Umrah dan Haji yang kumaksud ialah membaca; Subhanallah, walhamdulillah, wa Laa Ilaha Illallah, wa Allahu Akbar, maka pahalanya seperti kamu melakukan Umrah dan Haji’.
Jadi inilah amalan yang diajarkan Rasulullah kepada putrinya Fatimah. Dan mari kita amalkan dan ajarkan kepada anak-anak kita:
1. Membaca Qulhuwallahu Ahad (Al-Ikhlas) 3 x.
2. Shalawat kepada para Nabi (Allahumma Shalli ala Muhammad wa Ali Muhammad wa Alal Anbiya-i wal Mursalin).
3. Mendoakan kaum Muslimin (Astaghfirullah lil mukminina wal mukminat).
4. Kemudian membaca (Subhanallah, wa-Alhamdulillah wa Laa ilaa ha Illallah wa-Allahu Akbar).
Marilah kita mulai praktikkan dan ajarkan kepada anak-anak kita.


GURU HARUS MASUK DAPODIK

TAGOR ALAMSYAH : GURU HARAP SEGERA MEMPERBARUI DATA DI LAYANAN DAPODIK

Assalamu'alaikum wr.wb. selamat sore dan salam sejahtera untuk rekan-rekan guru seluruh indonesia....
mari simak informasi terbaru dan sangat penting berikut ini.....
Ratusan ribu guru terancam kehilangan hak tunjangan profesi guru (TPG) periode Januari-Juni 2016. Pasalnya, mereka tidak kunjung memperbarui data di layanan dapodik (data pokok pendidikan).

Jumlah persis guru yang terancam kehilangan TPG itu mencapai 109.424 orang.
Kepala Bagian Program dan Penganggaran Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud Tagor Alamsyah Harahap membenarkan bahwa pembaruan dapodik terkait dengan pencairan tunjangan tersebut.
Dia mengatakan, banyak guru yang surat keputusan pencairan tunjangan (SKPT)-nya tidak bisa terbit. Pemicunya, para guru tersebut belum memperbarui data di laman dapodik.
''Warning kami adalah pengisian dapodik paling lambat Mei 2016,'' katanya di Jakarta kemarin.
Dia belum bisa memberikan keterangan, apakah bakal ada perpanjangan waktu untuk pembaruan dapodik tadi. Tagor berharap seluruh guru yang belum memperbarui datanya segera melakukan perbaikan.
Menurut dia, sebaran guru yang belum update data paling banyak berada di pendidikan menengah (dikmen). Sebab, baru tahun ini guru-guru di dikmen terintegrasi dengan dapodik.
Sebelumnya mereka memiliki sistem pendataan sendiri di luar dapodik. Agar proses update data di layanan dapodik berjalan lancar, Tagor mengatakan, guru harus bekerja sama dengan petugas operator dapodik di setiap sekolah.
''Guru jangan menunggu didekati operator. Tetapi, harus proaktif mendekati para operator,'' jelasnya.
Menurut dia, para guru bisa saja mengisi data dapodik sendiri. Tetapi, untuk mencegah kesalahan input data, guru lebih baik didampingi petugas operator dapodik.
Pengamat pendidikan dari Kawal Pendidikan Indra Charismiadji menuturkan, hubungan antara guru dan petugas operator dapodik di sekolah kerap renggang. Pemicunya adalah guru merasa lebih baik jika dibandingkan dengan petugas operator.
Sementara itu, petugas operator memandang tunjangan profesi adalah urusan guru. ''Intinya terkait kecemburuan sosial,'' jelasnya.

Sumber :

Friday, 20 May 2016

Guru Adalah Pendidik Bukan Pengajar TAPI




BEGINIKAH MAUNYA?
Karena guru dilarang menghukum anak-anak yang jelas-jelas melanggar aturan, pelajar seperti inikah yang dikehendaki? Mereka bebas melakukan apa saja yang disukainya dan dimana saja.
Guru dipenjara karena menghukum muridnya yang jelas-jelas melakukan tindakan tidak terpuji. Orang tua begitu mudah menerima laporan anaknya dan melaporkan gurunya ke polisi.
Kalau memang guru dilarang menghukum muridnya yang nakal, didik saja mereka di rumah. Undang guru yang Anda sukai.
Guru sudah berusaha mendidik mereka sebaik-baiknya, tetapi tak ada satupun yang membelanya saat menerima musibah. Jika guru terancam profesinya, seperti inikah yang Anda inginkan?
Memangnya mudah jadi guru. Anda saja sering kewalahan mendidik mereka di rumah, apalagi guru yang harus mendidik ratusan siswa dalam waktu yang sangat terbatas. Mana empati Anda terhadap guru...???

contoh surat pernyataan

SURAT PERNYATAAN Saya yang bertandatangan di bawah ini, Nama Lengkap                   : ..................... Tempat / Tanggal...