Tuesday, 15 March 2016

cara mempermudah rezeki



Sebab-sebab yang paling kuat untuk mempermudah datangnya rezeki sebagaimana disebutkan oleh kaum arifin:
1. Mendirikan sholat dengan penuh pengagungan dan khusyu’
2. Membaca surat Al Waqi’ah khususnya pada malam hari
3. Membaca surat Yasin dan Al Mulk setelah shubuh
4. Datang ke masjid sebelum adzan
5. Menjaga wudhu’
6. Melakukan sholat sunah shubuh dan witir di rumah
7. Mengisi waktu antara shola...
t shubuh dan terbit matahari dengan i’tikaf di masjid
8. Memperbanyak bacaan ya Kafi ya Mughni ya Fattah ya Rozzaq ( يا كافي يا مغني يا فتاح يا رزاق )
Imam Syafi’i berkata:
Ada empat sebab yang bisa mempermudah datangnya rezeki:
1. Qiyamul lail
2. Memperbanyak istighfar sebelum fajar
3. Bersedekah
4. Membaca dzikir pagi dan petang
Ada empat sebab yang bisa mempersulit datangnya rezeki:
1. Tidur dipagi hari
2. Sedikit sholat
3. Malas
4. Khianat
( oleh habib zein bin smith)

Thursday, 3 March 2016

Sejarah kota Semarang



Arti lambang Kota Semarang


Inilah gambar lambang Kota Semarang, sumber gambar dari Wikipedia/wiki/Semarang

Lambang Kota Semarang berbentuk Perisai dua bagian, Tugu Muda, Bintang sudut 5, Bambu Runcing dan Bukit Candi.

Isi lambang berjiwakan 3 prinsip :
1. Kekhususan/ ke Semarangan
2. Tradisi revolusioner Kota Semarang
3. Kepribadian Nasional 

1. Makna Lambang Tugu Muda Mencerminkan sikap patriotisme warga Kota Semarang saat melawan bala tentara Jepang dalam”Pertempuran Lima Hari“
 2. Bukit/ Candi.Melambangkan bahwa selain dataran rendah , Semarang juga memiliki dataran tinggi (kota atas)
3. Air dan Dinding Benteng Melambangkan pelabuhan Semarang.
4. Perisai.Melambangkan Pertahanan dan Kekuatan kepribadian rakyat kota Semarang.
5. Padi dan Kapas Melambangkan Semarang murah sandang dan pangan terutama di masa depan.
 6. Ikan Melambangkan Semarang sejak dahulu terkenal dengan ikannya.

cara mencari buku di perpustakaan



ASAL MULA DAN ARTI KODE PADA BUKU DI PERPUSTAKAAN

Kita tentu sering masuk perpustakaan untuk meminjam buku,pada buku yang kita pinjam di perpustakaan tersebut tentu ada tanda atau kode di balik belakang dari buku tersebut,mungkin dari kita menganggap tidak penting kode itu,karena pikiran kita itu urusan dari penjaga perpustakaan,tetapi bagi kita yang selalu ingin tahu pasti menarik untuk mengikuti asal mula dan arti kode dari penomoran pada buku tersebut.

Penomoran pada buku perpustakaan pertama kali dikenalkan oleh seorang pustakawan asal Amerika Serikat yang bernama Melville Louis Kossuth Dewey (1851-1931),sehingga penamaanya disebut dengan sistem Dewey atau lebih lengkapnya disebut Dewey Decimal Classification (DDC) atau Sistem Persepuluh dewey,Dewey membagi buku dalam sepuluh kelompok atau kelas utama,setiap kelas utama bisa di bagi menjadi sepuluh sub kelas,dan setiap sub kelas masih bisa di bagi menjadi sepuluh sub kelas yang lebih kecil lagi
Kelas utama dari penomoran Dewey adalah sebagai berikut
  • 000 Untuk buku-buku umum,Komputer,refensi umum
  • 100 Untuk buku-buku Filsafat
  • 200 Untuk buku-buku Agama
  • 300 Untuk buku-buku Sosial
  • 400 Untuk buku-buku Bahasa
  • 500 Untuk buku-buku Ilmu murni atau sains
  • 600 Untuk buku-buku Teknologi
  • 700 Untuk buku-buku Kesenian
  • 800 Untuk buku-buku Bahasa
  • 900 Untuk buku-buku Biografi dan Sejarah

   
Angka yang ada di belakang dari kelas utama menunjukan spesifikasi lagi pada kelas utama,sebagai contoh angka 500 menunjukan untuk ilmu-ilmu sains, angka 510 untuk buku-buku matematika, 520 untuk buku-buku astronomi, 530 untuk untuk buku-buku  fisika, sedang angka dibelakangnya lagi menunjukan lebih spesifik lagi, misalnya 531 untuk mekanika,532 untuk mekanika zat cair,533 untuk mekanika zat padat dan sebagainya,dan seterusnya intinya angka-angka dibelakangnya lagi menunjukan lebih sepesifik dari buku tersebut hingga jumlah buku sampai huruf inisial untuk nama pengarang buku tersebut

Tuesday, 1 March 2016

1000 macam permainan pramuka



PERMAINAN PRAMUKA
1. Gamsit cina.
I. Alat yang dibutuhkan
Dalam permainan ini, peralatan yang dibutuhkan ialah :
  1. Tali Rapia
  2. Pergelangan tangan
Cara Bermain
Prosedur gamsit cina. Batu (Kepalan tangan),Kertas (telapak Tangan terbuka)dan Gunting (tangan mengepal, dua jari terbuka yaitu jari telunjuk dan jari tengah).
Batu kalah oleh kertas, kertas kalah oleh gunting, dan gunting kalah oleh batu.
Bentangkan tiga tali sepanjang 10 M atau lebih, tali yang pertama ada di tengah-tengah sebagai pembatas antara kedua kelompok. Dua tali yang lain dibentangkan di belakang masing-masing kelompok sebagai Sefte area ketika dikejar oleh kelompok yang menang gamsit cina.
peserta dibentuk dua kelompok berhadap-hadapan, kemudian dari masing-masing kelompok ditunjuk ketua untuk gamsit cina, ketika gamsit cina kedua ketua kelompok meneriakan Batu, Kertas, Gunting sambil mengangkat tangan kanan ke atas. Ketika terdapat kelompok yang kalah gamsit cina, maka kelompok yang menang mengejar kelompok yang kalah, namun apabila kelompok yang kalah keluar dari garis Sefte Area maka kelompok yang kalah akan dilepaskan dari pengejaran kelompok yang menang.
Tujuan
  1. Melatih kecekatan berfikir.
  2. Menumbuhkan kesigapan bergerak.
  3. Melatih fisik.
IV. Makna filosofi
Kecekatan berfikir merupakan hal yang harus tumbuh pada setiap individu agar ketika menemukan masalah bisa terpecahkan secara matang tanpa terburu-buru.
Sesuatu yang terjadi merupakan ketentuan Tuhan yang tanpa sedikitpun kita ketahui, oleh karena itu kesigapan bergerak atau refleks merupakan hal yang natural.
Fisik yang kuat menumbuhkan kecekatan berfikir yang matang. Oleh karena itu, dibutuhkan fisik yang kuat agar individu mampu melakukan aktivitas dan meminggul beban yang sangat berat di pundak.

2. Sibuta dan penolong.
I. Alat yang dibutuhkan
Dalam parmainan ini peralatan yang dibutuhkan ialah :
1.      Kain penutup mata.
2.      benda apa saja.
Cara Bermain
Perserta berpasang-pasangan, tutupkan penutup mata kepada pasangan peserta. Peserta yang tidak ditutup mata berjalan memutar (mencari rute untuk dilewati oleh peserta yang ditutup matanya) kemudian letakan benda yang nanti diambil oleh peserta yang ditutup matanya.
Setelah rute ditentukan, serta benda telah diletakan. Kemudain peserta yang ditutup matanya diajak berjalan dengan intruksi bebas namun tanpa menyentuhnya. Peserta yang ditutup matanya diajak berjalan dengan rute yang telah ditentukan dan peserta yang ditutup matanya mengambil benda yang telah diletakan. Apabila benda yang telah diletakan tadi terambil, maka orang pertama yang mengambil benda tersebut adalah pasangan yang terbaik.
III. Tujuan
1.          Melatih indera pendengaran.
2.          Menumbuhkan jiwa yang patuh terhadap apa yang telah diintruksikan.
3.          Menumbuhkan kesabaran.
4.          Memupuk jiwa kepemimpinan
IV. Makna filosofi
Dalam suatu organisasi, dibutuhkan seorang untuk memimpin dan menjalankan roda organisasi. Orang tersebut harus sabar dalam menghadapi anggotanya yang sangat majemuk serta bagi orang yang dalam kedudukannya sebagai orang yang dipimpin haruslah mampu menempatkan dirinya atau dalam kata lain ia harus Proforsional.
Kepekaan pendengaran sangat dibuthkan, hal yang sangat dihawatirkan apabila hal itu tidak ada akhirnya timbul Miss Comunication antara satu dengan yang lain.

 3. 3. Spider
Alat yang dibutuhkan
Dalam permainan ini peralatan atau bahan yang dibutuhkan ialah :
1.          Tarli rapia atau tambang.
2.          Dua pohon atau tiang untuk mengikatkan jaring laba-laba.
Prosedur
1.          Buat tali rapia atau tambang menyerupai sarang laba-laba dengan cara diikat satu sama lainnya.
2.          Ukuran tiap celah dari jaring tersebut maksimum 60 Cm.
3.          Ikatkan masing-masing ujung jaring tersebut ketiang.
Cara Bermain
1.      Bagi peserta ke dalam eberapa kelompok, tiap kelompok terdiri dari 5-7 orang (disesuaikan dengan celah yang ada pada jaring).
2.      Setiap kelompok ditugaskan untuk berpindah dari sisi jaring satu ke sisi jaring yang lain.
3.      Semua anggota kelompok harus berpindah melewatu jaring tersebut dan tidak boleh ada yang tesisa.
4.      Seiap celah hanya boleh dilewati oleh satu anggota kelompok. Celah yang sudah dilewati salah seorang anggota kelompok tidak boleh dipakai lagi.
5.      Dalam melewati celah tersebtu, anggota badan peserta tidak diperbolehkan menyentuh tali atau jaring, jika hal ini dilakukan maka kelompok tersebut harus mengulanginya lagi dari awal.
6.      Anggota kelompok diperbolehkan untuk bekerja sama dengan cara apapun selama tidak menyalahi ketentuan di atas,
7.      Kelompok yang tercepat melalui jaring tersebut akan menjadi pemenang.
Tujuan
  1. Terdapat beberapa tujuan dari permainan ini, antara lain ialah :
  2. Team building
  3. Energizer
  4. Comunication.
V. Makna filosofi
Kehidupan manusia yang secara natural membutuhkan manusia yang lain karena manusia merupakan makhlik sosial. Oleh karena itu dalam sebuah kelompok haruslah tertanam jiwa di masing-masing anggota rasa yang kokoh untuk memajukan kelompok tersebut maka dibutuhkanlah Tim building. Selain daripada itu komunikasi yang aktif antara anggota kelompok menjadi salah satu penentu dari kesuksesan kelompok. Hal kecil seperti ini, memang tak terasa padahal pada dasarnya apabila tidak terdapat komunikasi yang baik antara anggota kelompok akan menimbulkan Miss comunication yang mengakibatkan timbulnya rasa saling menjastis antar satu sama lain dalam sebuah kelompok.
Individu yang mempunyai vitalitas yang tinggi mampu memikul beban serta enerjik sangat dibutuhkan dalam mejalankan aktivitas kehidupan. Maka tanamkanlah dalam diri kita vitalitas. Sesuai dengan yang diajarkan kepada kita Akal yang sehat terdapat pada Jasad yang sehat.




contoh surat pernyataan

SURAT PERNYATAAN Saya yang bertandatangan di bawah ini, Nama Lengkap                   : ..................... Tempat / Tanggal...