Tuesday, 16 February 2016

RPP kurikulum 2013 kelas II

Rencanan Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)  Tematik
 
Nama Sekolah     :  SD ..................
Tema                    :  Peristiwa
Kelas/Semester    :  II / 2
Alokasi Waktu     : 3 minggu

A.    Standar Kompetensi

B. Indonesia

¨      Memahami pesan pendek dan dongeng yang dilisankan
¨      Mengungkapkan secara lisan beberapa informasi dengan mendeskripsikan benda dan bercerita
¨      Memehami ragam wacana tulis dengan membaca nyaring dan membaca dalam hati
¨      Menulis permulaan dengan mendeskripsikan benda di sekitar dan menyalin puisi anak

IPS

¨      Memahami kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga

IPA

¨      Mengenal berbagai sumbar energi yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan kegunaannya
¨      Memahami peristiwa alam dan pengaruh matahari dalam kehidupan sehari-hari.

SBK

¨      Memahami nilai berkarya dan menyajikan proses pembuatan model benda yang terapung di air.

B.     Kompetensi Dasar

B. Indonesia

¨      Menyampaikan pesan pendek yang didengarkannya kepada orang lain.
¨      Menceritakan kembali isi dongeng yang di dengarkan.
¨      Menceritakan kembali cerita anak yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri.
¨      Menyebutkan isi teks agak panjang  (20 – 25 kalimat) yang dibaca dalam hati.
¨      Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi.

IPS

¨      Mendeskripsikan kedudukan dan peran anggota keluarga.
¨      Menceritakan pengalaman dalam melaksanakan peran dalam anggota keluarga.
¨      Memberi contoh bentuk-bentuk kerjasama di lingkungan tetangga.

IPA

¨      Mengidentifikasikan sumber-sunber energi (panas, listrik, cahaya dan bumi) yang ada di lingkungan sekitar.
¨      Mengidentifikasi kenampakan matahari  pada pagi, siang dan sore hari.
¨      Mendeskripsikan kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari.

SBK

¨      Berkreasi dengan cat warna.

C.    Tujuan Pembelajaran**

B. Indonesia

¨      Siswa dapat menulis pesan ke dalam beberapa kalimat dan menyampaikannya kepada orang lain.
¨      Siswa dapat menyampaikan pertanyaan sesuai dengan isi cerita yang didengarkan.
¨      Siswa dapat membaca lancar dengan dengan pemahaman teks cerita agak panjang.
¨      Siswa dapat menulis pengalaman dengan huruf sambung yang benar.

IPS

¨      Siswa dapat memahami pentingnya memelihara dokumen dan koleksi barang keluarga.
¨      Siswa dapat memahami cara memelihara dokumen dan koleksi barang keluarga.
¨      Siswa dapat mengungkapkan pengalaman diri sendiri dan keluarga.

IPA

¨      Siswa dapat menunjukkan sumber panas, bunyi dan cahaya melalui alat rumah tangga.
¨      Siswa dapat membedakan panas matahari pagi, siang dan sore hari.
¨      Siswa dapat memahami kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari.
¨      Siswa dapat memahami adanya kedudukan matahari pagi, siang dan sore hari.

SBK

¨      Siswa dapat menunjukkan langkah-langkah pembuatan cat warna dari bahan buatan.
¨      Siswa dapat memilih bahan buatan yang dapat dibuat cat warna.

v  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
D.    Materi Pokok
¨      Teks berisi pesan pendek.
¨      Bercerita tentang dongeng.
¨      Menceritakan yang didengarkan.
¨      Teks panjang 20 – 25 kalimat.
¨      Puisi menggunakan huruf sambung.
¨      Dokumen diri dan keluarga.
¨      Pengalamam diri sendiri dan keluarga
¨      Lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah
¨      Sumber energi dan kegunaannya
¨      Pengaruh sinar matahari terhadap kondisi alam dan kehidupan di bumi
¨      Kegunaan panas matahari dalam kehidupan sehari-hari
¨      Ragam alat tekhnik dan proses pembuatan cat warna dari bahan alami dan buatan

E.     Metode Pembelajaran
¨      Demontrasi, latihan, ceramah, pemberian tugas, tanya jawab.

F.     Langkah-langkah pembelajaran
Kegiatan awal
Apresepsi/ Motivasi :
·        Merapikan siswa, mengatue tempat duduk, berdo’a dan mengabsen (mengkondisikan anak).
·        Test awal pelajaran (pre test).

Kegiatan inti

Minggu ke I

Pertemuan pertama (B. Indonesia, IPA, IPS)  3 x 35’

§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Dengan melalui penjelasan guru siswa dapat menyampaikan pesan pendek yang didengarkan orang lain.
F Mencari sumber yang menghasilkan panas, bunyi dan cahaya melalui alat-alat rumah tangga.
F Menunjukkan dokumen diri dan keluarganya.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Pertemuan kedua (B. Indonesia, IPA, IPS)  3 x 35’

§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Dengan penjelasan tentang pesan, siswa dapat menulis pesan ke dalam beberapa kalimat.
F Menunjukkan sumber yang menghasilkan panas, bunyi, dan cahaya.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Pertemuan ketiga (B. Indonesia, IPS)  3 x 35’

§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan cerita yang dibacakan guru  dan menyampaikan pertanyaan sesuai isi cerita.
F Menjelaskan pentingnya memelihara dokumen.
F Menulis dan membuat kalimat sederhana.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Pertemuan keempat (B. Indonesia, IPA)  2 x 35’

§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan penjelasan guru kemudian mencatat isi pesan yang didengarkan
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Tugas portofolio, mengkliping gambar alat rumah tangga elektronik (perorangan / perkelompok)
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Pertemuan kelima (B. Indonesia)  2 x 35’

§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan cerita guru kemudian menceritakan kembali cerita yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Pertemuan keenam (B. Indonesia, SBK)  3 x 35’

§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa menyampaikan cerita sesuai dengan pengalaman masing-masing.
F Mengidentifikasi bahan-bahan pembuatan cat warna dari bahan buatan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

No comments:

Post a Comment

contoh surat pernyataan

SURAT PERNYATAAN Saya yang bertandatangan di bawah ini, Nama Lengkap                   : ..................... Tempat / Tanggal...